Pregnancy Journey ( 8th Month )

Published July 19, 2019 by fereshia

Cerita sebelumnya bisa klik :

Your Journey is Begin

Pregnancy Journey ( TM1 – 2nd Month )

Pregnancy Journey ( 3rd Month )

Pregnancy Journey ( 4th Month )

Pregnancy Journey

Pregnancy Journey ( 5th Month )

Newborn shopping list & stuff

Pregnancy Journey ( 6th Month ) & Gender Reveal

4D USG

Pregnancy Journey ( 7th Month )

28 weeks – 32 weeks

Ga terasa udah mulai masuk trimester 3, perasaan belum lama nikmatin trimester 2 hi..hi..hi..

Hal yg paling pertama dialamin waktu masuk 28 weeks itu adl perut kenceng!

Dalam sehari bisa beberapa kali ngalamin yg namanya perut kenceng, ga lama memang paling berapa menit tapi kalau perut udah kenceng aktifitas harus berhenti dulu sebentar soalnya perut agak nyut & maju nonjol keatas ha..ha..ha..

Jadi mikir ini karena apa y kenceng, karena awal-awal ngalamin kenceng selalu pas setelah pee. Sempat tanya ke Bu Lanny K ( kebetulan aku masih sempat ikut hypnobirthing πŸ™‚ ) n beliau bilang kemungkinan sudah mengalami kontraksi palsu. Jadi badannya sudah mulai mempersiapkan diri.

Ada tanya-tanya juga ke beberapa Cici blogger yg pernah hamil n jawaban mereka kurang lebih sama yaitu kemungkinan braxton hicks atau karena babiesnya mulai turun.

3 Juni 2019

Control dokter n sekalian tanya perihal perut kenceng. Jawaban dokter ada 2 kemungkinan, 1 braxton hicks, kedua karena twins makin berat jadi makin nekan kebawah makanya area rahim ketekan n perut jadi suka kenceng. Selama ga ada flek atau darah, n bukan tiap 5 menit sekali kencengnya ga masalah kata dokter.

Berat twins di weeks 28 ini udah tembus 1 kilo lhoo yeayyy..dua-duanya udah sekitar 1,2 kilo beda berapa puluh gram doang πŸ˜€ cepet juga y dalam sebulan naik hampir 500gr.

Ada yg lucu waktu kontrol kali ini, si Koko kan penasaran jadi dia tanya ke dokter :

Koko : Dok, ini kok bentuk perutnya makin ga karuan sih?

Dokter : *ketawa* terus bilang… Ibu hamil dimana-mana memang perutnya ga bulet, yg bulet cuma di sinetron n pake bantal.

wkwkwk…

Perubahan-perubahan lain yg aku alami dibulan ini :

Bagian pergelangan kaki kadang masih suka sakit kalau dibawa jalan/berdiri. Ada sih masanya ketika bagian pergelangan kaki ga sakit, yg setelah diliat ternyata kaki membengkak perlahan-lahan. Jadi kayaknya demi menopang tubuh yg semakin berat, bagian kaki perlahan-lahan memang harus membengkak, yg salah satu tandanya y sakit-sakit sedikit karena pembuluh darahnya melebar. Jadi kalau sakit tandanya mau bengkak sebentar lagi, begitu ga sakit bengkaknya baru keliatan ha..ha..ha..

Sakitnya pergelangan kaki itu masih lebih mendingan dibanding sakit dipergelangan tangan n nyeri kaku dijari tangan.

Lupa tepatnya mulai kapan tapi pergelangan tangan kiri tuh hampir setiap hari n sepanjang hari kalau lagi salah posisi sakitnya bukan main *kayak urat/syaraf ketarik gitu. Pegang gelas aja bisa bikin pergelangan tangan sakit, kalau udah begini kudu sampai ada suara ‘tek’ pas digerak-gerakin baru pergelangannya enakan. Yg ternyata sama pembuluh darah disekitar area pergelangan tangan kiri mengalami pelebaran n jadinya bengkak, herannya cuma ditangan kiri. Jadi sekarang kalau mau ngapa-ngapain hanya mengandalkan tangan kanan, karena tangan kiri super sensitif banget deh, ampuuunnn sakitnya 😦

Area perut selain kenceng juga mulai sering gatel, kadang berasa ketarik-tarik kulitnya (kalau ketarik jadi ga nyaman). Pertumbuhan babies mulai melesat di trimester 3, jadi kulitnya makin cepat meregang makanya suka gatel terlebih diare dekat pusar πŸ˜…. Kalau udah begini buru-buru pakai cream/oil deh kalau engga tangan bisa ga tahan mau garuk-garuk *kadang suka kelepasan ngegaruk juga sih pakai baju :p

Kalau soal keaktifan baobao diperut, mereka makin ga bisa diem terlebih kalau sore hari n malam mau tidur. Suka penasaran ini mereka lagi ngapain sih didalam, main apa sih berdua πŸ‘ΌπŸ‘Ό

Mulai lebih keliatan gitu yg nonjol diperut ada kayak tulangnya, ada bentuk, kadang kayak berasa entah anggota tubuh mereka yg mana ada yg tiba-tiba nongol aja lewat diperut. Biasa Koko suka tanya kalau lagi kayak gini sakit ga sih? berasa ga kalau lagi gerak merekanya (misal pas suami lagi pegang perut tapi aku ga pegang)?… Berasa lah ha..ha..ha..diperut sendiri kan..

Pagi hari suka berasa twins posisinya naik keatas, soalnya kalau bangun tidur suka sesak. Karena mulai sempit juga sih y didalam perut :p n karena posisi mereka juga mungkin jadi mereka bergerak ke atas. Jadi mulai sering latihan gerakan creating space yg diajarin waktu hypnobirthing n yoga hamil biar twins punya ‘ruang’ untuk lebih berkembang lagi. Walaupun tetap y ruangannya terbatas, mamaknya kecil begini wkwkwk..

Ga terasa sebentar lagi masuk 9 bulan, makin dekat waktu buat ketemu twins πŸ˜ƒ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: