4D USG

Published July 3, 2019 by fereshia

Cerita sebelumnya bisa klik :

Your Journey is Begin

Pregnancy Journey ( TM1 – 2nd Month )

Pregnancy Journey ( 3rd Month )

Pregnancy Journey ( 4th Month )

Pregnancy Journey

Pregnancy Journey ( 5th Month )

Newborn shopping list & stuff

Pregnancy Journey ( 6th Month ) & Gender Reveal.

Dari sebelum hamil udah niat kalau nanti hamil mau 4D usg, tujuannya untuk lihat perkembangan organ-organ bayi yg tidak terlihat lewat 2D usg.

Jadi begitu masuk 18 weeks udah mulai deh cari-cari info 4D baiknya dilakukan kapan, RS mana yg bisa 4D, biayanya, dll.

Berdasarkan info yg aku dapat 4D baiknya dilakukan saat usia kehamilan 20 weeks – 24 weeks. Kalau paling pas sebaiknya di 23 weeks. Tapi ini berlaku kalau kehamilannya dengan 1 baby. Karena aku twins jadi disarankan sebelum 21-22 weeks soalnya babies sudah makin besar n “tempat tinggalnya” terbatas, jadinya lebih sulit dicek.

Karena mikir faktor lokasi akhirnya diputuskan cari yg dekat aja n ga antri lama. Sempat disuggest RS daerah Menteng coz dari segi harga lebih murah, tapi kalau jarak jauh + kudu rebutan dari jauh hari appointment belum lagi tiba-tiba bisa batal n reschedulenya masih lama mending ga jadi deh, better pilih mahalan dikit tapi ga nguras emosi n waktu :p

Pilihan akhirnya mengerucut ke RS Family & RS Grand Family karena masih cukup ok lah dari harga.

Waktu telp pertama kali ke RS Grand Fam harganya beda tipis sama yg di Family, sedikit lebih tinggi (kalau ga salah inget yg grand 800an, fam 700an). N di info minimal h-1 minggu telp lagi untuk bikin appointment tgl & jam.

Tadinya udah mau pilih Fam aja kalau gitu, pas telp lagi untuk make sure ternyata kalau twins harga 4Dnya jadi kena double 😑 lah jadi malah 2x lipat harga yg di Grand Fam dong, jatuhnya lebih mahal.

Beberapa hari kemudian telp lagi ke Grand Fam eh ternyata per bulan April harga 4D mereka naik 1,5x lipat. Jadi kalau mau dapat harga lama paling lambat Maret *iya tapi masalahnya usia kandungan pas bulan Maret belum sampai 20 weeks 😂* lalu sekalian tanya kalau twins kena double ga? Eh ternyata tetap dihitung harga 1 jadi walaupun secara harga naik tapi tetap jatuhnya lebih murah daripada di Fam yg kena double.

Akhirnya pilih 4D di Grand aja walaupun agak lebih jauh jaraknya, pertimbangannya secara harga lebih make sense :p secara teknologi n layar pasti lebih jelas, n dsog yg melakukan 4D dr. Hendrik Sutopo dimana kita udah sreg sama dia.

Sebelumnya aku tanya dulu ke dokter Hendrik via WA baiknya usg 4D kapan n beliau yg kasih saran baiknya sebelum 22 weeks, n beliau ingetin tujuan 4D bukan buat lihat muka loh y tapi lihat detail anatomi yg penting. **ini apa karena banyak yg pengen foto n lihat muka y makanya dokternya wanti-wanti begini…

15 April 2019

Datang ke Grand Fam jam 10 karena dapat jadwal 4Dnya jam segitu. Ke bagian pendaftaran n diarahkan untuk langsung pembayaran lalu langsung aja ke ruangan 4D n nunggu disana.

Nunggu ga terlalu lama terus giliran kita periksa. Pemeriksaan 4D mirip kayak 2D, n aku baru tau selama pemeriksaan 4D dokternya akan bolak balik periksa melalui 2D juga jadi gonta ganti 2D 4D.

Selama pemeriksaan dokternya akan sambil menjelaskan, ini bagian apanya, pertumbuhannya bagaimana, letak, dll.

Puji syukur semua pertumbuhannya Baobao keduanya baik n sesuai, jantung & ginjalnya baik ga ada yg bocor, tulang-tulangnya juga baik, semua indranya bertumbuh sesuai, posisi Baobao berubah lagi jadi 69, n gendernya dimention lagi sama dokter ha..ha..ha.. baguslah ada second opinion, 2 dokter bilang boys.

Selama 4D Baobao dua-duanya aktif. Tapi untungnya foto mukanya twins ke ambil semua diawal coz belakangan pas dokternya mau ambil gambar mukanya lagi mereka nutupin, yg satu nutupin pakai tangan jadi kayak lagi ngucek-ngucek mata gitu. Ada satu moment y pas dokter sengaja explore bagian lain terus balik lagi ke twins yg dikanan n mau ambil gambar mukanya lagi, eh dia angkat 1 kaki dong pake tangan jadi itu muka ketutupan kaki. Amaze ha..ha..ha..bisa gitu y didalam perut..nak..nak yg ngajarin didalam perut siapa xD

Selesai usg kita bisa milih 1 foto yg mau dicetak yg mana (aku 2 foto) n foto bisa diambil hari itu juga kalau pakai hp android jadi tinggal ditransfer. Kalau dalam bentuk CD bisa diambil 1 hari setelahnya.

Btw aku kurang tau y kalau 4D ditempat lain bagaimana n berapa lama. Sepengalaman aku kemarin 4D kurang lebih hampir 1 jam.

Tips lainnya kalau mau 4D :

– cari info sejelas-jelasnya soal harga, appointment, apa aja yg harus dibawa, kalau punya anak kembar perhitungannya gimana

– bawa cemilan & minuman manis sembari menunggu antrian. Ada kalanya misal lagi ditengah-tengah 4D n dedenya ga mau kasih liat mukanya dokter bisa minta Mommynya jalan-jalan dulu keliling or minum/makan yg manis-manis lalu balik lagi buat lanjutin 4D

– siapkan budget, mengingat 4D ga murah juga harganya n tanya sejelas-jelasnya *ga mau rugi :p

– konfirmasi kembali di h-1 untuk make sure kita kesana ga sia-sia.

One comment on “4D USG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: