Pregnancy Journey ( 5th Month )

Published June 7, 2019 by fereshia

Cerita sebelumnya bisa klik :

Your Journey is Begin

Pregnancy Journey ( TM1 – 2nd Month )

Pregnancy Journey ( 3rd Month )

Pregnancy Journey ( 4th Month )

Pregnancy Journey

16 weeks – 20 weeks

Tgl 11 Maret 2019 memutuskan control ke dsog. Ga ada masalah atau keluhan apa-apa, cuma karena jadwal controlnya udah berubah jadi sebulan sekali n mau ngepas-ngepasin per 4 weeks gitu jadinya mau control di 16 weeks :p, maju seminggu kurang dari yg seharusnya he..he..he.. *karena yg bulan kemarin mundur seminggu juga controlnya.

Control hari ini begitu alatnya ditempel ke perut keliatan twins udah lebih besar ukurannya wow…ga nyangka cepet banget gedenya 😳..n twins gerak-gerak kakinya ga bisa diem hi..hi..hi..lucu…

Dikasih dengar detak jantungnya lagi, puji syukur normal 🙂 waktu cek jantung aku fokus dengerin suaranya ternyata si Koko fokus liatin jantungnya yg kedap kedip 😆 *duh twins maaf y kelupaan lagi liatin yg kedap kedipnya, salah fokus.

Dicek perkembangannya n so far sesuai dengan tahap pertumbuhan mereka. Puji syukur semuanya sehat, aman, normal, semuanya baik.

Kali ini posisi twins berubah hi..hi..hi..mereka kayak lagi hadap-hadapan gitu. Sempat tanya ke dokter ini sebenarnya mereka posisinya kiri kanan y? N kata dokter kalau ini atas bawah, karena makin besar jadi terlihat kayak kiri kanan. Dari awal twins memang cenderung atas bawah posisinya. N yg bawah selalu ngumpet-ngumpet gitu rada kepojok pinggul jadi susah diambil gambarnya. Pas hari ini usg sama lagi agak susah diukur 😅

Iseng si Koko tanya udah keliatan gendernya belum, n sama dokternya dibilang ‘kita coba liat y’…

Sayangnya belum beruntung posisi twins soalnya kayak bulan-bulan lalu, lagi ga hadap depan juga, masing-masing ketutupan kaki 😆

Pas control nimbang berat badan lah naik hampir 3kg. Dalam 3 minggu naik segitu cepet amat *dari dulu pengen naikin berat badan 1kg susah bukan main, pas hamil malah gampang y wkwkwk…

Dalam minggu-minggu ini yg aku rasain memang jadi laperan terus. Sebentar-sebentar laper, tetap ga bisa makan banyak sih porsi makan tetap porsi makan hamil karena kalau normal kayak sebelum hamil bakal mual lagi (udah dites beberapa kali). Bingung juga mau makan apalagi, ngemil apalagi sementara mulut kayak ga berhenti pengen nyam nyam nyam.

Twins diminggu ini lebih sering nunjukin nonjol-nonjol diperut, pindah-pindah posisinya, kiri kanan tengah atas bawah ^^ jadi seharian perutnya suka agak nyeri gitu karena perpindahan/pergerakan mereka tapi ga sakit-sakit amat kok.

Pertama kalinya juga selama hamil ngerasain gampang kram/kesemutan. Sebentar sih ga lama dibagian kaki. N telapak kaki entah kenapa kalau dibawa jalan tuh sakit. Tanda dimulai pembengkakan tubuh kah? :p

Tepat di 17 weeks baru beneran ngerasain tendangannya twins for the first time yg beneran nyata bukan samar-samar, ga salah lagi n bukan halusinasi xD. Ampunnn… lucu y ternyata kalau baby nendang-nendang 😍

Kalau baca-baca katanya rasanya tendangan baby itu kayak ada kupu-kupu didalam perut. Jujur aja aku ga bisa ngebayangin, totally clueless, gimana itu rasa kupu-kupu dalam perut :p. Setelah ngerasain sendiri gimana? Beneran kayak ada kupu-kupu?…kayaknya engga deh he..he..he..eh tapi ini menurutku loh y..

Lebih ke kayak ada yg jedug-jedug dari dalam xD

Selang semingguan kemudian pertama kalinya Koko bisa ngerasain the babies nendang-nendang, sama kayak aku amaze juga dia n ga nyangka bisa ngerasain secepat ini, kirain seperti tertulis diaplikasi dia baru bisa merasakan di 22 weeks keatas.

Masuk weeks 18 mulai berasa jari-jari tangan setiap pagi nyeri sakit. Kalau digerakin terus lama-lama normal lagi sih cuma kok y setiap pagi nyerinya, n suka bikin kaku juga. Jadi bisa makan waktu sekian menit sampai normal lagi semua jari-jarinya. Next control harus tanya dsog ini kenapa T_T

Sekitar weeks 19 mulai merasa kayaknya posisi twins udah agak naik. Kalau sebelum-sebelumnya dibawah pusar, ini diatas pusar sedikit. Kalau pas mereka lagi nonjol diraba-raba dari bagian atas pusar udah terasa n biasanya posisi mereka kiri kanan.

Baru nyadar juga kalau bagian telapak kaki mulai agak bengkak. Awalnya cuma berasa telapak kaki kalau dipakai jalan sakit tapi ga tiap hari sakit.

Sampai bulan ini juga masih mengalami susah tidur dan makin jadi. Kalau laper ga bisa tidur, kalau gerah ga bisa tidur juga, belum lagi sebentar-sebentar bolak balik pipis belum 10 menit udah kebelet lagi ha..ha..ha..

Di bulan ini juga pertama kalinya mulai keluar-keluar rumah yg agak berjarak, misal sekedar ke minimarket, sesekali ikut event kehamilan yg jaraknya dekat-dekat n ga makan waktu seharian, sesekali balik ke apartemen. Intinya sengaja mulai membiasakan diri biar badannya lebih banyak gerak n bisa aktivitas lagi 🙂

6 comments on “Pregnancy Journey ( 5th Month )

  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

    Google photo

    You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: